Sendal Anti Pelecehan Seksual di India

Kabar Aneh – Kasus pelecehan seksual di India sudah mencapai taraf yang mengkhawatirkan. Setiap hari terjadi kasus pelecehan seksual terhadap wanita di negara padat penduduk ini.

Hal ini yang membuat Siddharth Mandala , pemuda berusia 18 tahun tergerak untuk menciptakan suatu alat untuk membantu para wanita.

Siddarth sendiri sering menyaksikan dengan mata kepala sendiri kasus pelecehan seksual. Siddarth bahkan sering berpartisipasi dalam gerakan unjuk rasa di India membela para korban.

Kini setelah menghabiskan waktu bertahun – tahun meneliti , Siddarth menciptakan suatu alat yang dapat membantu para wanita untuk menghadapi pelaku pelecehan.

Alat tersebut dinamakan “ElectroShoe” , sebuah sendal yang dapat menghantarkan sengatan listrik kepada para pelaku. Selain itu alat tersebut juga bisa langsung menghubungi bantuan baik polisi maupun anggota keluarga.

Yang paling unik sendal ini tidak membutuhkan pelatihan khusus apapun untuk menggunakan. Para pemakainya hanya perlu menendang para pelaku pelecehan seksual ini. Sendal ini akan menyetrum penjahat kelamin dengan aliran 0,1 Ampere listrik.

“Saya menciptakan alat ini untuk membantu para wanita menghadapi serangan pelecehan seksual. Untuk sistem kerja alat ini sudah saya daftarkan hak patennya. Alat ini akan menyetrum para pelaku pelecehan seksual dengan hanya sekali tendang” ungkap Siddarth pada wawancara The Better India.

Sendal unik ini dilengkapi dengan papan sirkuit unik hasil rancangan Siddarth sendiri yang berdasarkan “Piezoelectric effect” yang dipelajari disekolah.

Sebagai sumber daya sendiri sendal ini menggunakan energi yang didapat dari langkah penggunanya. Listrik akan disimpan dalam sebuah baterai yang dapat dicharge berulang.

Pada awalnya Siddarth mencoba untuk mengembangkan idenya sendiri. Akan tetapi karena keterbatasan pendidikannya membuat dia kesulitan. Siddarth sendiri mengakui bahkan dirinya sering terkena setruman alatnya sendiri dalam proses pembuatannya.

Hal ini kemudian membuat Siddarth mencari bantuan dari beberapa programer maupun mekanik baik bertanya langsung maupun melalui diskusi – diskusi online.

Setelah sempat gagal sebanyak 17 kali, kini Siddarth mampu menghasilkan Sendal yang mendekati sempurna.

Kini Siddarth tinggal memoles sedikit penampilan sendal tersebut supaya dapat diaplikasikan ke sendal maupun sepatu dengan berbagai jenis model.

Siddarth sendiri bercita – cita untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik sehingga bisa menciptakan inovasi lagi untuk menolong para kaum wanita dan mengurangi kasus pelecehan seksual di India.