Zebra Cross 3D Untuk Mengurangi Angka Kecelakaan

Mengurangi Angka Kecelakaan - kabar aneh

Kabar Aneh – Beragam cara dilakukan pemerintah di berbagai belahan dunia mana pun untuk mengurangi angka kecelakaan. Sebuat kota nelayan kecil Ísafjörður, di Islandia, baru-baru ini membuat langkah maju untuk keselamatan berkendara.

Para pengguna jalan akan mendapai zebra cross 3 dimensi saat melewati pusat kota. Zebra cross ini sengaja di desain khusus untuk memperlihatkan suatu ilusi seakan – akan garis yang berada diatas jalan raya ini merupakan balok persegi panjang yang terletak diatas badan jalan.

Teknik pengecatannya sukses membuat ilusi optik unik nan cerdik. Cara ini rupanya cukup efektif untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Terutama, di daerah yang banyak dilalui oleh para pejalan kaki. Ilusi optik ini mau tidak mau membuat para pengendara mengurangi kecepatannya.

Komisaris lingkungan Islandia Ralf Trylla menyerukan pembuatannya di Ísafjörður setelah melihat proyek serupa yang sedang dilaksanakan di New Delhi, India. Dengan bantuan perusahaan lukisan jalanan Vegmálun GÍH, visinya menjadi kenyataan.

Seperti dalam video yang diunggah channel Youtube Gústi Productions, nampak zebra cross itu unik jika dilihat dari sisi pengendara di jalan raya. Dari sisi pengendara kendaraan, akan melihat zebra cross 3D ini seperti balok-balok putih yang melayang diatas jalan. Namun terlihat biasa saja dari sudut pandang pejalan kaki.

Islandia sendiri bukan negara pertama yang menerapkan zebra cross3D. Indialah yang justru memprakarsai penggunaan zebra cross tersebut.

Langkah yang dinilai cukup efektif mengurangi angka kecelakaan itu juga telah diikuti oleh sejumlah negara seperti Afrika Selatan, China, dan Kyrgistan.

Bahkan, Indonesia juga pernah melakukan strategi serupa, tepatnya di Jepara dan Brebes.

Berikut Video yang diambil dari Youtube:

Leave a Reply