Aneh Dan Unik, Robot Sebagai Pendeta di Pemakaman

Funny, Lifestyle, Science

Kabar Aneh – Upacara pemakaman dirasa sebagai penghormatan terakhir bagi sanak saudara yang meninggal. Kini di Jepang hadir pemakaman aneh dan unik yang┬ámenggunakan robot.

Hal ini juga dirasakan oleh sebagian warga Jepang kalangan menengah kebawah. Rupanya inspirasi inilah yang membuat SoftBank Robotics untuk menciptakan robot humanoid bernama Pepper.

Sebelumnya Pepper sudah diluncurkan dan digunakan dibanyak tempat seperti bank, toko sushi dan panti sosial. Diklaim dapat membaca emosi manusia , Pepper yang dilengkapi dengan sistem pengenalan wajah ditugaskan sebagai receptionist, bertugas memberikan informasi atau hanya sekedar berbincang – bincang pada tamu.

Kini Robot Pepper mengambil langkah selanjutnya dengan menjadi pendeta. Pepper ditargetkan untuk kalangan keluarga yang ingin mengadakan ritual terakhir bagi keluarganya dengan biaya terjangkau.

Adapun perusahaan yang menggunakan Pepper adalah Nissei Eco, sebuah perusahaan yang sudah bergelut di bidang pemakaman sejak tahun 2000. Biaya yang dikenakan pun sangat terpaut jauh, untuk tarif Pepper dikenakan sebesar 50.000 Yen ( sekitar 6-7 juta Rupiah).

Pepper sendiri akan diprogram untuk membacakan sutra – sutra Buddhis dan juga mantra. Robot ini akan dipasarkan melalui┬áInternational Funeral and Cemetery Show (pameran untuk industri pemakaman) di Tokyo minggu depan.

Dalam expo ini akan dihadiri perusahaan yang bergerak di bidang pemakaman . Pihak Nissei Eco sendiri berharap Pepper akan menjadi Primadona dan menjadi pusat perhatian pada expo di Tokyo kali ini.