Sekolah Unik,Mengajar Siswa Menulis Dengan Kedua Tangan

Kabar Aneh- Veena Vandini School

Kabar Aneh – Sekolah unik ditemukan di daerah terpencil di Distrik Singrauli, Madhya Pradesh, India.  Di sekolah ini semua siswa diajarkan untuk menggunakan kedua tangannya dalam menulis.

Sebanyak 300 siswa di Sekolah Veena Vandini ini diklaim dapat menulis dengan tangan kanan dan kiri mereka. Yang menakjubkan, beberapa orang siswanya bahkan dapat melakukannya sekaligus dalam bahasa yang berbeda.

Dapat menggunakan kedua tangan dengan sama baiknya sering disebut dengan ambidextrous. Menurut data hanya sekitar 1% dari jumlah umat manusia yang bisa menggunakan kedua tangan sama baiknya.

Guru yang mengajarkan menulis dengan menggunakan kedua tangan ini mengaku terinspirasi dari presiden pertama India, Dr Rajendra Prasad, yang dulu dapat menulis dengan kedua tangannya. “Saya membaca di sebuah majalah bahwa presiden pertama India, Dr Rajendra Prasad, dulu menulis dengan kedua tangannya. Ini mengilhami saya untuk mencobanya,” papar Sharma.

Sharma pun kemudian mendirikan sekolah unik di desa asalnya dengan metode yang sama. Di sekolah unik tersebut, terdapat standar-standar yang membimbing siswa bisa menulis dengan kedua tangan dari dasar.

“Kami mulai melatih siswa dari standar I dan pada saat mereka mencapai standar III, mereka mulai merasa nyaman menulis dengan kedua tangannya,” ujarnya.

Menurut Sharma, murid di sekolah dasar kelas VII dan VIII bisa menulis dengan kedua tangan dengan kecepatan dan ketepatan yang bagus. Siswa yang tingkatnya lebih tinggi juga bisa menulis dua kalimat sekaligus, satu dengan masing-masing tangan.

Sekolah yang mengajarkan siswanya menulis dengan menggunakan kedua tangan ini didirikan pada 1999 di daerah terpencil di Distrik Singrauli, Madhya Pradesh, India.

Walaupun menulis dengan kedua tangan dipercayai dapat meningkatkan konsentrasi tapi juga beresiko menghambat perkembangan kognitif anak. Penelitian di Amerika Serikat juga mengemukakan bahwa anak dengan predikat ambidextrous juga memiliki kelemahan di bidang matematika , memori ingatan dan logika.

Leave a Reply