Bakat Unik Gadis Ini Identifikasi Warna Melalui Penciuman

Inspirasi, Misteri

Kabar Aneh – Bakat unik memang selalu membuat seseorang berbeda dari orang lainnya. Sebagai orang normal, kita bisa mengenali warna dengan menggunakan indra penglihatan. Tapi Deepti Regmi, seorang gadis berusia 11 tahun dari Nepal memiliki kemampuan aneh. Dia bisa mencium warna, dan bahkan bisa mengidentifikasinya sambil menutup matanya.

Deepti memiliki kondisi langka gangguan sensorik yang disebut synaesthesia, yang membuatnya bisa mencium bau warna.

Meski kondisinya belum didiagnosis secara resmi, kemungkinan kelainan synaesthesia sangat tinggi. Regmi bisa mengenali warna, bahkan ketika matanya ditutup. Menurut sebuah laporan Daily Mail, kondisi tersebut menyebabkan indra seseorang semakin tinggi, dan membuat mereka dapat mencium, merasakan atau bahkan mendengar warna.

Pada sebuah uplikan video, gadis tersebut menunjukkan bakatnya ketika matanya tertutup sambil mengendus warna yang berbeda, dan mengidentifikasinya dengan benar.

Deepti merasa kemampuan yang diberikan kepadanya adalah pemberian Tuhan, dan melalui itu dia ingin, “Membantu orang-orang yang mengalami gangguan penglihatan dengan keahliannya.”

Dalam sebuah video yang diposting Daily Mail, Regmi terlihat mengidentifikasi warna dengan mengendus benda-bensa, sementara matanya ditutup. Dia juga diduga bisa mengidentifikasi warna yang tercetak di koran dan membaca cetakannya dengan merasakannya.

Menurut American Psychological Association, synaesthesia mempengaruhi sekitar 1 dari 2000 orang di seluruh dunia, dan ini biasanya didominasi perempuan. Saat ini penyebab synaesthesia masih belum diketahui.

Namun Synesthetes sangat menguntungkan untuk bekerja di bidang kreatif, dan banyak musisi yang mengalami synaesthesia. Menurut Oddity Central, Mary J. Blige, Frank Ocean, Tori Amos, Billy Joel, dan Pharell Williams semuanya didiagnosis dengan synesthetes.

Baru-baru ini, ada laporan tentang orang-orang yang tinggal dengan kondisi tersebut. James Wannerton dari Manchester, Inggris, misalnya, dipercaya bisa mencium suara. Kondisi ini memengaruhi hubungan sosial Wannerton karena jika dia mendapat “selera buruk” dari suara seseorang, dia tidak bisa berada di dekat mereka.

Leave a Reply