Api Abadi Di Mrapen Grobogan Purwodadi

Kabar Aneh – Perjuangan Raden Patah yang didukung oleh para wali berhasil memukul mundur dalam menghancurkan Majapahit. Dan secara resmi Raden Patah dinobatkan memegang Kesultanan Demak Bintoro pada tahun 1500-1518 Masehi.

Dengan demikian berangsur-angsur membenahi wilayahnya yang sebenarnya sudah berkembang pesat, lagi pula telah menjadi pusat perdagangan, pendidikan dan penyebaran agama Islam, serta ini satu-satunya pusat pemerintahan Islam di Pulau Jawa. Untuk memenuhi semua kebutuhan, maka diboyonglah barang-barang warisan dari Majapahit yang berupa pendapa dialihfungsikan menjadi serambi mesjid agung yang merupakan perpaduan budaya Islam dan Hindu Buddha.

Ekspedisi pemboyongan yang dipimpin oleh Sunan Kalijaga, tampak berjalan lancar, hanya saja sesudah masuk wilayah Kesultanan Bintoro Demak (Mrapen) terlihat ada tanda-tanda yang mengkhawatirkan. Melihat situasi yang mencemaskan itu Sunan Kalijaga memerintahkan semuanya berhenti, karena para prajurit terlihat letih. Selama istirahat ada yang mencari mata air untuk digunakan sekadar pelepas lelah.

 

Kabar Aneh
Kabar Aneh

 

Di karenakan tidak ada air maka Sunan Kalijaga memohon kepada Tuhan supaya di beri minum untuk para pengikutnya, setelah tongkat wasiatnya di tancapkan ke tanah  dan di cabutnya,Tapi yang keluar tidaklah air melainkan api yang tidak dapat di padamkan.dan sejak itulah tempat itu di namakan Mrapen,Kemudian di tempat lain dngan cara yang sama dan akhirlah keluarlah air.

Banyak peristiwa besar mengambil api dari kompleks Api Abadi sebagai sumber obornya, misalnya pesta olahraga internasional Ganefo 1 tanggal 1 November 1963, dan untuk menyalakan obor Pekan Olahraga Nasional ( PON ) Tahun 1981.

 

Api Abadi
Api Abadi

 

Selain Api Abadi, ada juga kolam air yang mendidih,Air yang dilihat keruh bila dimasukkan kedalam sebuah gelas, akan berubah wujud menjadi bening. Konon sampai sekarang air tersebut mempunyai keajaiban untuk menyembuhkan orang yang menderita penyakit gatal-gatal dan untuk mengobati penyakit kulit dan serta di Api Abadi terdapat Batu Bobot, apabila sesorang dapat mengangkatnya keinginannya akan tercapai.

Hingga sekarang dijadikanlah tempat untuk ziarah untuk orang orang sekitar, dan juga orang dari luar.