Spesies Langka, Penemuan Ikan Hiu Goblin

Kabar aneh : Hiu Goblin adalah spesies hewan laut yang langka dan kurang di pahami. Kadang – kadang di sebut dengan fosil hidup, Hiu goblin memiliki nama lain Mitsukurina owstoni. Hewan ini satu – satunya wakil yang masih ada dari keluarga Mitsukurinidaem garis keturunan tua sekitar 125 juta tahun.

Kabar aneh
Kabar aneh

 

Hewan ini memiliki profil ciri yang khas dengan moncong yang pipih dan memanjang, dan rangan yang sangat protrusible yang menandung gigi yang sangat kuat dan menonjol keluar. Hiu ini panjangnya biasanya antara 3 hingga 4 meter ketika dewasa, meskipun dapat tumbuh jauh lebih besar, hiu goblin mendiami lereng atas benua, lembah bawah laut dan gunung laut di seluruh dunia pada kedalaman lebih dari 100 meter, dengan spesimen dewasa yang di temukan lebih dalam daripada spesimen remaja.

Perbedaan posisi rahang yang terawetkan di hiu goblin  menyebabkan spesimen yang keliru di gambarkan sebagai spesies yang berbeda. Lchthyologist Amerika David Starr jordan menggambarkan hiu goblin tahu 1898 dalam edisi Prosiding California Academy of Sciences, mengakui ikan aneh tidak hanya sebagai spesies baru, tetapi juga genus dan keluarga baru.

Spesimen ini telah diakusisi oleh nakhoda kapal dan naturalis Alan Owston bedasarkan penajtan yang belum dewasa dengan panjang 107 cm tertangkap di Sagami Bay dekat Yokohama, Jepang.

 

Langka
Langka

 

Nama umu hewan ini adalah goblin shark adalah terjemahan lama dari nama Jepang tenguzame, sebuah tengu yang menjadi makhluk mitos Jepang yang sering di gambarkan dengan hidung panjang dan warna merah, nama lain dari hiu langka ini adalah Hiu peri. Tak lama setelah deskripsi Jordan di terbitkan , beberapa ilmuwan mencatat kesamaan antara Mitsukurina dan hiu punah dari era Mesozoikum , yaitu Scapanorhynchus. Akhirnya fosil lengkap mengungkapkan banyak perbedaan anatomis antara Scapanorhynchus dan Mitsukurina. ilmuwan menuliskan menganggap mereka sebagai generai yang berbeda.

 

kabar aneh
kabar aneh

 

Hiu goblin memiliki moncon khas dan panjang menyerupai pisau pedang. Panjang moncong menurun sesuai dengan usia. Mata kecil kurang membran pelindung nictitating di belakang mata spirakel. Mulut besar, rahang sangat protrusible dan memanjang hampir ke ujung moncong, meskipun biasanya tertahan di bawah kepala, ia memiliki 35-53 baris gigi di rahang atas dan 31-62 baris gigi yang ada di rahang bawah. Gigi di bagian utama dari rahang yang panjang dan ramping , terutama yang dekat simfinis ( rahang titik tengah ) dan halus beralur memanjang. Gigi belakang sudut memiliki kegunaan untuk menghancurkan dan banyak variasi individu panjang dan lebar gigi terjadi.

Hiu goblin ini tertangkap ketiga di samudera utama, menunjukan distribusi global yang luas, di Samudra Atlantik, telah di rekam dari Teluk Meksiko utara. Jenis ini paling sering di temukan di atas lereng benua atas pada kedalaman 270 – 960 meter. dan juga pernah tertangkap di teluk, hiu langka ini di foto dan di lepaskan kembali ke air. Pada Juli 2014 hiu Goblin ditemukan dijaring perikanan di Sri Lanka. Hal ini dilaporkan dalam valaichchenai garis pantai timur di Sri Lanka. hiu yang panjangnya adalah sekitar 4 meter dan berat sekitar 7.5 kg. hiu itu diserahkan ke (Badan Nasional Sumber Daya Penelitian & Pengembangan Aquatic) NARA untuk penelitian lebih lanjut.