Kabar Aneh – Genetik adalah sebuah pewarisan sifat serta bentuk fisik dari sebuh makhluk hidup , di dalam tubuh manusia setidaknya terdapat 50.000 gen yang unik dan saling berkaitan dalam struktur yang kompleks untuk mengontrol berbagai fungsi dari tubuh kita . Namun dari beberapa kondisi tertentu bisa terjadi perubahan gen yang dapat menyebabkan perubahan sifat maupun ciri – ciri fisik dari makhluk hidup .

Dalam dunia medis tercatat setidaknya ada 3 mutasi gen aneh yang terjadi pada tubuh manusia , pada artikel kali ini kabar aneh akan mengupas secara lengkap beberapa mutasi gen aneh tersebut .

1. Mutasi Gen Putri Duyung , Sirenomelia

kabar aneh
kabar aneh

Sirenomelia atau yang lebih dikenal sebagai mermaid sindrome merupakan salah satu perubahan genetik yang sangat langka dan berakibat fatal bagi penderitannya , hingga saat ini mermaid sindrome ditemukan setidaknya 1 dari 100.000 bayi yang lahir . Bayi yang menderita mermaid sindrome akan terlahir dengan kedua tulang kaki yang menyatu , kebanyakan para bayi penderita mermaid sindrome tidak bisa bertahan hidup lama kerena kemplikasi kandung kemih serta ginjal yang menyatu .

2. Fibrodysplasia Ossificans Progressiva , Manusia Patung

kabar aneh
kabar aneh

Fibrodysplasia Ossificans Progressiva adalah kelainan genetik aneh yang mengakibatkan tulang tumbuh secara liar di luar kerangka tulang , pertumbuhan yang tidak wajar ini akan menggantikan jaringan otot tendon dan ligamen serta jaringan syaraf menjadi tulang yang keras . Perubahan genetik aneh tersebut terjadi karena adanya perubahan gen ACVR1 , dalam catatan medis hingga saat ini sudah ada 1025 laporan penderita Fibrodysplasia Ossificans Progressiva . Fibrodysplasia Ossificans Progressiva  akan mengakibatkan keterbatasan gerak bagi para penderitanya , hingga pada akhirnya penderita Fibrodysplasia Ossificans Progressiva hanya bisa megedipkan kedua kelopak mata saja . Hingga saat ini belum ada pengobatan yang dapat memperlambat atau menghentikan perkembangan penyakit  mengerikan ini .

3. Ektrodaktil , Jari Kepiting

kabar aneh
kabar aneh

Ektrodaktil , merupakan kondisi dimana manusia lahir dengan kondisi jari – jari tangan atau jari – jari kaki yang terpisah sehingga berbentuk seperti capit kepiting . Kondisi ini terjadi karena perkembangan kromosom yang tidak sempurna saat janin masih di dalam kandungan , sehingga saat dilahirkan memiliki jumlah jari yang tidak lengkap . Selain lahir dalam kondisi cacat fisik para penderita ektrodaktil juga kerap mengalami gangguan pendengaran dan juga hernia .