Penjara Mewah Disiapkan Untuk Sadarkan Narapidana

Kabar Aneh – Penjara merupakan tempat yang biasanya digunakan para pelanggar hukum untuk menjalani masa tahanan , bangunan dengan tembok pengamanan tinggi , ruang sel yang dingin serta kondisi lingkungan keras dan terkesan kumuh sudah merupakan gambaran wajar . Namun ternyata , tidak semua penjara memiliki kondisi yang tidak bersahabat . Beberapa negara menerapkan pendekatan yang berbeda untuk menyadarkan para narapidana dengan memberikan kehidupan yang layak serta penjara mewah bagi para narapidana tersebut . Berikut ini adalah tiga penjara dengan fasilitas bintang lima yang akan membuat semua tahanan kerasan tinggal di sana .

1. Penjara Bastoy, Norwegia

Kabar aneh
Kabar aneh

Panjara Bostoy terletak di sebuah pulau yang berada di lepas pantai Oslo Norwegia , penjara dengan kapasitas 115 narapidana ini merupakan salah satu penjara mewah yang ada di dunia . Para narapidana di penjara Bostoy tidak tinggal di dalam sel tahanan , masing masing diberikan pondokan kayu dengan vasilitas mewah . Berbagai fasilitas kelas satu bisa ditemukan di penjara ini  seperti lapangan tenis , tempat memancing , lapangan berkuda dan pantai untuk berjemur saat musim panas . Selain dijejali dengan fasilitas mewah para narapidana juga bisa memilih menu makanan favorit seperti seafood , barbeque hingga ikan salmon yang lezat .

2. Penjara Leoben Justice Centre, Austria

Penjara mewah
Penjara mewah

Leoben Justice Centre adalah penjara mewah yang berada di Austria , tidak seperti rumah tahanan pada umumnya Leoben Justice Centre justru terlihat seperti mall yang mewah . Penjara yang dapat menampung 205 narapidana ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap ada kafetaria, gym, lapangan basket , lapangan ping-pong dan di dalam ruang tahanan terdapat tempat tidur spring bed , meja belajar dan televisi . Selain itu juga disediakan dokter khusus gizi untuk memastikan menu makanan yang disajikan memenuhi standar kalori yang dibutuhkan para narapidana .

3. Penjara Champ-Dollon, Swiss

Kabar aneh
Kabar aneh

Sebagai negara yang selalu menjunjung tinggi HAM Swiss tentunya sangat menghargai hak – hak setiap warga masyarakat , termasuk juga para narapidana yang sedang menjalani masa tahanan . Atas dasar itulah Swiss mendirikan penjara mewah Champ-Dollon bagi para tahanan , di penjara ini para narapidana mendapatkan kamar pribadi dilengkapi dengan fasilitas seperti hotel berbintang . Selain fasilitas kamar yang mewah narapidana juga mendapatkan kebebasan dalam memilih menu makanan , serta mendapatkan jatah baju baru setiap beberap bulan . Menjadi narapidana di Champ-Dollon juga tidak perlu khawatir dengan kekerasan dari sipir maupun narapidana lain , karena di penjara ini HAM benar benar dijunjung tinggi .

Beberapa negara yang memberikan fasilitas mewah bagi para narapidana bukan untuk membuat mereka merasa betah tinggal di dalam  penjara. Namun lebih bertujuan untuk membangun mental para narapidana sehingga mereka siap bermasyarakat dan memiliki kehidupan yang lebih baik setelah keluar dari penjara .