LG Luncurkan Ponsel Unik Pengusir Nyamuk

Lifestyle, Science

Kabar Aneh – Pada ajang India Mobile Congress yang berlangsung baru-baru ini, vendor asal Korea Selatan LG Mobile memperkenalkan ponsel  unik berbasis Android terbaru mereka yaitu seri LG K7i dengan tambahan fitur terbaru yang unik yaitu teknologi “Anti Nyamuk”.

LG K7i menjadi ponsel Android anti nyamuk pertama di dunia yang diluncurkan di India. LG menambahkan komponen khusus yang dapat mengeluarkan gelombang ultrasonic dari area lubang-lubang casing belakang smartphone.

Gelombang ultrasonic ini diklaim mampu mengusir hama nyamuk, selain itu gelombang ini juga benar-benar aman dan tidak berbahaya bagi manusia. Produk elektronik LG lainnya seperti AC dan TV memang sudah memiliki fitur “anti nyamuk” seperti ini.

Memang ada juga beberapa aplikasi yang mengklaim menggunakan teknologi serupa dengan hasil yang serupa, namun LG mengatakan ini merupakan pertama kalinya fitur anti nyamuk yang disematkan pada ponsel.

Para ilmuwan memang pernah mengungkapkan fakta bahwa perangkat anti nyamuk dengan gelombang ultrasonic ini kurang efektif untuk mengusir nyamuk. Bahkan Asosiasi Pengendali Nyamuk Amerika mengatakan setidaknya 10 penelitian dalam 15 tahun terakhir telah dilakukan dengan hasil yang serupa.

Namun LG mengatakan telah melakukan beberapa uji coba terhadap teknologi yang disertifikasi oleh Institut Bioteknologi dan Toksikologi Internasional India ini, LG juga menambahkan bahwa ponsel Android LG K7i ini berhasil mengusir rata-rata 72% nyamuk yang menyebarkan penyakit.

Spesifikasi dari smartphone termutakhir ini antara lain layar HD 5 inci, RAM 2 GB, penyimpanan 16 GB, prosesor quad-core, serta berjalan pada sistem operasi Android Marshmallow, sebagaumana dilaporkan TheVerge dan dihimpun KompasTekno

Ponsel unik LG K7i ini dibanderol harga USD122 atau sekitar IDR1,6jutaan. Setelah diluncurkan di India, LG juga berencana untuk menghadirkan ponsel unik anti nyamuk LG K71 ini di negara-negara lainnya.