5 Negara Tanpa Pasukan Militer di Dunia

Funny, Traveling

Kabar Aneh|Negara Tanpa Militer  – Dalam situasi dunia yang sering tidak menentu, sebagian besar negara di dunia berlomba untuk memperkuat pasukan militernya , selain untuk melakukan pengamanan terhadap wilayah negara , keberadaan pasukan militer juga sering di gunakan sebagai alat tawar menawar dalam hubungan antar negara.

Semakin besar kemampuan militer suatu negara tentunya akan memiliki nilai tawar yang lebih baik dalam menghadapi isu – isu international.

Namun saat ini  tercatat sedikitnya ada 5 negara yang sama sekali tidak memiliki pasukan militer dalam struktur negara mereka.

Berikut ini adalah 5 negara tanpa militer di dunia :

 

1. Andorra

Kabar Aneh - Andorra Flag
Andorra adalah sebuah negara dengan sistem pemerintahan monarki yang di pimpim oleh seorang raja, secara geografis andora terletak di tepi sungai Pirinea dan berbatasan dengan Spanyol dan Perancis. Secara resmi Andorra tidak memiliki pasukan militer dan untuk menjamin keamanan wilayahnya Andorra menandatangani perjanjian  keamanan dengan Perancis .

2. Grenada

Kabar Aneh - Grenada Flag

Greanada adalah negara kepulauan yang terletak di bagian paling selatan gugusan kepulauan Karibia, tepatnya 161 km di bagian utara negara Venezuela. sejak tahun 1983 Greanada tidak memiliki pasukan militer, untuk menjaga keamanan dalam negri mereka hanya mengandalkan sebuah unit kecil untuk mengataasi tindak kriminal dan kejahatan.

3. Kepulauan Marshal

Kabar Aneh - Marshall Island Flag

Sejak berdiri negara ini memang tidak diizinkan untuk membentuk kekuatan militer, dalam undang – undang negara pasukan kemanan yang diijinkan hanyalah polisi, kepulauan Marshal sendiri dulunya adalah lokasi untuk melakukan uji coba senjaa nuklir oleh Amerika Serikat, hingga kini kepulauan yang terletak di pasifik barat ini  memiliki perjanjian keamanan dengan Amerika Serikat.

4. Samoa

Kabar Aneh - Samoa Flag

Negara kecil yang berada di pasifik selatan ini memiliki luas sekitar 3.300 km dengan jumlah penduduk sekitar 250.000 jiwa. Secara politik Samoa terbagi menjadi 2  yaitu Samoa bagian barat atau lebih sering di sebut dengan Republik Samoa, dan Samoa bagian timur atau lebih sering Samoa Amerika karena merupakan bagian dari jajahan Amerika Serikat . Samoa saat ini hanya memiliki unit polisi dan  penjaga pantai sebagai pasukan keamanan, namun jika keadaaan darurat Selandia Baru adalah negara yang bertanggung jawab atas keamanan Negara Samoa.

5. Vatikan

Kabar Aneh - Vatikan Flag

Negara para Paus ini juga tercatat sebagai negara yang tidak memiliki kekuatan militer, seluruh bagian dari negara Vatican dikelilingi oleh tembok tinggi dan berada di dalam kota Roma Italia, Negara Vatican sendiri adalah negara terkecil didunia dengan luas wilayah hanya 44 hektar dan berpenduduk 842 jiwa. Meskipun tidak memiliki perjanjian keamanan dengan negara manapun , Italia menyatakan selalu siap untuk menjaga keamanan Vatican baik secara internal maupun eksternal. Saat ini Italia secara rutin ,menggirimkan militernya untuk mejaga keamanan Vatican.

Itulah 5 Negara tanpa militer di dunia, bagaimana menurut kalian?

Leave a Reply